TIRAMISU

Sudah lama sebetulnya aku bikin Tiramisu ini, cuma karena males untuk nulis di blog ini (juga karena sibuk dengan maenan yang lain...hehehe...). Tiramisu ini aku lihat resepnya dari joyofbaking.com, yang dia juga bercerita sejarah tiramisu ini, cake yang berasal dari italia, yang mempunyai arti : "pick me up".
Kalau Tiramisu model joyofbaking enak, karena telur di cream tiramisunya ini matang, sedangkan resep-resep yang dipakai (kayaknya sih) orang italia asli itu telurnya tidak matang...jadi katanya tidak baik untuk ibu hamil...so ini dia penampakannya



Pembuatannya sangat mudah sekali, ini resepnya

Cream filling :
2 cups (480 ml) susu
3/4 cup (150 grams) gula pasir
1/4 cup (35 grams) tepung terigu serba guna
6 kuning telur
2 sdt ekstrak vanili murni (di indo adanya bubuk, ya 1 sdt cukup)
1/4 cup (57 grams) unsalted butter, potong kecil2
8 ounces (1 cup) (227 grams) kalo di sini pakai saja yang sudah dipacking biasanya ukurannya 250 gram, mascarpone cheese, (di suhu ruangan)

Ladyfingers :
28-32 ladyfingers (carinya di supermarket besar, kalo aku beli di giant, di bagian snack impor)

Coffee Soaking Syrup :
1 1/2 cups (360 ml) coffee instant yang sudah dicampur air hangat
1/3 cup (65 grams) gula pasir


Topping :
Coklat bubuk

How to make :
Cream Topping :
Campur Susu 1 3/4 cups (420 ml)  dan gula 1/2 cup (100grams) ke dalam panci (saucepan) Nyalakan api dengan panas sedang (atau kecil), aduk sekali-kali. Sementara itu, aduk dengan menggunakan whisk susu 60 ml, gula 50 gram, tepung dan telur di mangkok tahan panas. Ketika susu yang sedang dipanaskan itu mulai mengeluarkan gelembung di pinggir panci, secara bertahap tuangkan ke dalam campuran telur sambil diaduk perlahan-lahan. Setelah tercampur dimasukan kembali ke dalam panci, masak dengan api sedang sambil diaduk hingga kental. Setelah kental, matikan api, angkat panci dan masukan butter dan vanili, aduk rata. Kemudian tutup dengan plastik dan masukan ke dalam kulkas kurang lebih 2 jam. Mixer mascarpone cheese, kemudian masukan cream yang dari kulkas. Aduk sampai lembut dan rata.

Coffee Syrup :
Campur air coffee dan gula. Kalo ini sesuai selera, apakah mau rasa coffee yang kental atau sedang. Suka2 deh campuran kopinya. Aku suka yang rasa kopi yang kental. hmmmm...

Untuk loyangnya, aku pakai loyang roti tawar, dilapisi dengan plastik dari mulai dasar hingga ke atas, ini nanti berfungsi untuk menarik kue keluar dari loyang.

Cara menyusun :
Ladyfinger di campur dengan sirup kopi, bolak-balik, masuk ke dasar loyang, susun hingga penuh di dasar. Lalu siram dengan cream. Setelah itu ulangi lagi dengan susun lady finger yang sudah di campur air kopi sampai satu lapis, kemudian buat lagi lapisan cream. Ulangi terus, sampai atas, kalo bisa terakhir paling atas lady finggernya, karena nantikan mau dibalik. Tutup tiramisu itu dengan plastik wrap. Masukan kedalam kulkas atau freezer 6 jam.

Cara penyajian :
Plastik wrap yang di atas di lepas, kemudian perlahan-lahan loyang di balik. Setelah tiramisunya dikeluarkan dari loyang, ayak coklat bubuk di atas nya. Sajikan...enakkkk betulllll....kalo mau kejunya kerasa banget, ganti aja dengan cream cheese merek Anchor lebih enak dan terasa keju, menurut lidah ku.

Gampang kok buatnya
Coba deh...




Comments

Popular Posts