Sunday, July 22, 2012

LAPIS LEGIT

Kemarin waktu jalan ke bogor mencari timbangan, tanpa disangka bertemu si Bima, hmmm...jatuh hati dengan si Bima ini...halahhh...si baking pan merk Bima, yang aku pengen dari dulu, cuma maunya bawa punya mama yang di bogor, tapi ternyata rusak, so, akhirnya beli lah baru...cihuyyyy...duh udah lama banget pengen nyoba bikin lapis legit...nah, kemarin , hari puasa pertama bikin lapis legit ini...dibantu oleh adek buat misahin kuning telur dengan putihnya. Dia jago juga, dan senang banget dia maenin kuning telurnya. Cara misahin kuning telurnya kayak di Asian Food Channel , Sugar, Anna Olson, my fav channel...si adek bisa cara itu, walo awalnya agak takut-takut... Resepnya pakai telur 40 kuning telur, punya ny.liem, yang banyak beredar di mana-mana...
Ini lah jadinya :



Alhamdulillah jadi, walaupun ada kesalahan, gula halusnya aku masukin ke mentega, harusnya kan ke adonan telurnya...tapi alhamdulillah jadi, kalo nggak...wahhhhh....nangis bombay lah...40 kuning telur gitu loh....harga telur lagi mahal sekarang ...
 Ini resep nya :

LAPIS LEGIT NY. LIEM

Bahan I :
40 Kuning telur
350 gram gula halus (kalo gak ada gula halus, gula pasir di blender aja, blender untuk bumbu)
1 sdt vanili bubuk

Bahan II :
70 gram tepung terigu kunci biru, tepung terigu protein rendah
20 gram susu bubuk (ini aku skip)
1 sdm bumbu spekuk . Dicampur dan diayak.

Bahan III :
400 gram butter (aku pakai wisman 200 gram+ butter lain2)
300 gram margarine
4 sdm susu kental manis (kayaknya aku pakai 3 aja, takut kemanisan)

Cara membuatnya :

1. Kocok bahan III sampai lembut dan putih, simpan. Di sini aku salah, gula aku campur di sini, tapi fine-fine aja kok kuenya.
2. Kocok bahan I sampai kental dan putih. Harus waspada, bowl mixer harus gede...aku pakai merk signora, wahhh, udah mau tumpah adonannya.
3. Masukan bahan III yang sudah dikocok ke adonan bahan I sedikit demi sedikit. Pakai mixer bisa tapi yang speed paling rendah. Sambil diaduk dengan spatula.
4. Lalu masukkan bahan II yang sudah diayak ke adonan nomor 3, sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula sampai tercampur rata dan homogen.
5. Siapkan loyang ukuran 20x20x6 (kalo aku pakai 24x24x8 cm, alasi bagian bawah dengan kertas roti, olesi dengan margarine dan taburi tepung. Jangan oles pinggir loyang dengan margarin...
6. Sendokkan adonan nomor 4 ke dalam loyang, awal 8 sdm, panggang di oven 200 derajat C, pakai api bawah sekitar 10 menit, ganti api atas, api bawah dimatikan. Aku pakai bima, jadi colokan listrik aku pindahkan ke atas.
7. Sestelah warna permukaan kue kecoklatan, keluarkan dari oven, tekan dengan alat penekan kue lapis. Kalo aku tidak terlalu kecoklatan, maunya supaya tidak kering kuenya, dan ditekan pada saat beberapa lapis, tidak selapis-selapis. mgkn ini salah ya...jadi agak kebuka lapisannya. Capekan kalo tiap lapis ditekan...:D
8. Lalu tuang 5 sdm adonan di atasnya, dipanggang lagi dengan api atas. lihat-lihat ya...
9. Lakukan terus sampai adonan habis.
10. Pada lapisan terakhir ,panggang bersama-sama dengan api bawah kurleb 10 menit. Kalo aku 10 menit api bawah lalu api atas, sampai kecoklatan.

Wahhhh...harus menyediakan waktu kira-kira 5 jam untuk bikin kue ini, dari persiapan bahan hingga selesai....
Harus enjoy...bisa kok sambil ngapa-ngapain...
Silakan dicoba...

No comments: