Ceritanya Birthday Cake...

 
 




Percaya gak kalo ini birthday cake...:D...pasti nggak percaya yah kalo ini birthday cake, wong gak ada tanda-tandanya...mana lilin  ultahnya, ultah yang ke berapa, siapa yang ultah...
Si Adek nanya, “mah, mana lilinnya?” gak ada, pokoknya yang penting bikin kue buat kue ultahnya adek dengan bahan dan perlengkapan yang seadanya. Ini juga bikin kuenya udah lewat dari hari ultahnya. Ultah adek udah hari sabtu kemaren. Rencananya mau bikin sebelum hari ultah dan pas dia bangun tidur, kue ultahnya udah jadi terus dia tiup lilin, tapi apa daya, males banget mau buatnya, karena udah ngebayangin betapa ribetnya nge-hias-hias...Aku gak suka sih nge-hias-hias karena lamaaaa...banget, harus sabar , tekun dan teliti...not me banget...Aku suka yang cepet, simple dan enakkkk...hehehehe...
Sebetulnya si Adek gak menagih sih kue ultahnya, ini hanya inisiatif aku sendiri, penasaran, pengen nyoba bermain-main dengan fondant...dan setelah mencoba...KAPOK...gak lagi-lagi deh decorating cake...Harus bikin butter cream dulu lah, harus nyetak coklat dulu lah, udah gitu fondantnya harus diulenin dulu pada saat diwarnai...tuh memakan waktu banget kan, sementara aku ngerjain itu pada saat anak ke sekolah, gak pengen ada tangan-tangan jail yang gangguin, dan waktunya gak cukup, si Adek udah terlanjur dateng...dweng....betul aja kan, baju sekolahnya gak diganti dulu, tangannya gak dicuci dulu, langsung aja nyomot fondantnya...huuhhhh...Pake acara nangis segala lagi dia, karena dia minta rambut boneka dirinya itu harus keriting, pake coklat chip.
Sebetulnya, decorating cake itu bisa menyenangkan sih, asal ada pembantu, pekerjaan rumah beres, anak-anak gak gangguin.Kalo seperti itu memakan waktu lama sih gak masalah jadinya. Nah ini, aku harus kerja cepet, sementara di otakku tuh masih mikirin pekerjaan yang belum aku selesaikan...so, jadinya kurang enjoy...
Syukur deh, si Rafif bilang, nanti kalo dia ultah dia mau dibikinin pizza aja...yippy...kalo itu aku sih seneng banget...gampangggg....
Cake nya aku pake Brownies Kukus Ny.Liem...
Ini Resepnya :
Brownies Kukus Ny Liem
Bahan:
Telur 6 butir
terigu 125 gr
coklat bubuk 50 gr
garam secukupnya
vanili secukupnya
elmulsifier 1/2 sdt
gula 225gr
minyak goreng 175ml
Dark cooking chocolate 100gr lelehkan campur dengan minyak
Susu Kental Manis (SKM) 75ml

Caranya:
1.        Kocok gula,telur,elmulsifier hingga mengembang
2.       Masukkan terigu yg telah dicampur oleh coklat bubuk,garam, vanili,aduk rata
3.       lalu masukkan dcc yg yg telah di campur minyak aduk rata
4.       Panaskan kukusan,masukkan di loyang yg sudah dialasi kertas roti
5.       Masukkan lapis pertama kukus 10 menit
6.       Masukkan lapisan yg kedua yg telah ditambahkan skm kukus lagi 20 menit
7.       Lalu masukkan sisa adonan yg tanpa skm kukus lagi 10 menit
8.       Angkat dan hidangkan.

Kejadian pembuatanku : Aku bikin resep ini dengan loyang bundar ukuran diameter 20 cm. Aku ngukusnya selama 30 menit, tapi ternyata bawahnya masih basah, langsung aja aku panasin oven dan dipanggang. Jadinya brownies kukus dan panggang...:D







Comments

Anonymous said…
haha lucu mbak birthday cake-nya, kreatif..cuma kadang2 bikin sedih juga kalo misalnya anak kita ultah jauh dari kakek-nenek nya ato sepupu2nya ;((

ya jadinya gambar di kue ada 4 orang..yg makan juga 4 orang hihihi...

met ultah ya de Rasya..matanya copy-paste mata mamanya tuh (cake)
Rosmalia said…
thanks ucapan met ultahnya yah, Mbak...:)
Masih jauhhh...dari para senior bakul kue yang udah top markotop...kalo liat karya mereka mo pingsan aja...Bagus banget deh...ini mah gak ada apa2nya...:)

Ya beda dong matanya aku dengan rasya...Aku pake coklat chip dan rasya pake fondantnya...(kalo di gambar di kue...:P....:P...:P...)
Febee said…
Halo Mbak...Terima kasih yah udah mampir ke blog saya. Waah blog nya mbak Rosmalia kereen banget..betah deh lama-lama di blog nya. Saya contek resep2 nya boleh yaa..terutama roti tawar nya, penasaran banget pengen bikin roti tawar...thanks sebelom nya.
Rosmalia said…
ahhh, blog mbak feebee juga kerennnnn...gimana tuh cara bikin headernya? Mau dong bagi ilmunya...:)....Silakan aja, ntar kasih tau yah kalo udah jadi...Semangat Bikin roti!!!

Popular Posts