Apa sih tujuan hidupku



Gak tau,
Rasanya ingin sekali menumpahkan segala curahan hati yang terpendam ini ke dalam sebuah buku diary. Berharap dengan itu, semua permasalahan akan terselesaikan.
Saat ini aku ngeri memandang 6 bulan ke depan, karena situasi yang tidak aku inginkan, keadaan yang tidak bisa kuubah dengan tanganku ini. Sampai detik ini aku harus bagaimana nanti 6 bulan ke depan, masih tidak ada solusinya, masih bingung, masih di persimpangan jalan, masih menimbang-nimbang berapa kelebihan dan kekurangan, masih memikirkan manfaat dan mudharatnya...
Banyak yang bertanya,
Kenapa harus kembali? ... Ya karena sudah selesai dan harus kembali...
Bagaimana dengan anak-anak? ... Ya sama pembantu
Bagaimana dengan suami?...Ya ditinggal...:(
Apa gak merasa guilty ninggalin anak sama pembantu? ... Pasti, tapi kan banyak yang seperti itu, dan lama kelamaan perasaan guilty itu akan hilang karena terus dilakukan tiap hari.

Aku terus berpikir, mana yang lebih baik, jadi Ibu rumah tangga yang full version ato jadi ibu yang kerja di kantor dan tidak menemani anaknya di rumah, pokoknya sampai di rumah anak udah rapi dan siap dicium-cium aja. Anak-anak juga dengan manisnya bersama ortunya, ibunya gak tau kalo sebelum kedatangannya itu pasti terjadi kehebohan di rumah. Mana tau ibunya,  yang bekerja di kantor dari matahari masih ngintip-ngintip sampe matahari mau bobok....

Ada perasaan gak tega dan berat untuk meninggalkan mereka 6 bulan lagi, kembali ke kantor, entah apa yang kucari di kantor. Padahal di kantor banyak bengongnya, banyak ngerumpinya, banyak nge-netnya, banyak keluyurannya, banyak gak jelasnya.
Ketika aku tanya sama anak-anakku, mereka semua gak mau aku kembali ke kantor. Adek bilang, mama kalo pergi ke kantor lama, Kakaknya bilang, nanti yang koreksi PR apip siapa...Sedih rasanya mendengar mereka gak mau aku tinggal.
Tapi kok aku masih gak rela untuk melepaskan pekerjaanku, dengan gaji yang lumayan bagi PNS, dan dapet pensiun pula...Ya, masih memikirkan duit...duit...dan duit...
Yang terbiasa memegang duit sendiri, yang betapa senangnya kalo sudah tanggal gajian, yang bisa menguasai duit itu dengan semena-mena...Masih gak rela untuk melepaskan itu...
Sebetulnya gak ada alasan kalo soal finansial, Alhamdulillah, saat ini aku sangat bersyukur sekali dengan apa yang aku nikmati sekarang. Semua sih sudah terpenuhi, so what, lalu kenapa aku harus kembali lagi?

Sebetulnya banyak juga gak enaknya kalo jadi ibu RT yang bengong di rumah, kuperrrrr...
Temannya hanya anak-anak yang kreatif dan susah diatur, bawaannya emosi terus, suka cepet marah-marah...Perasaan dulu, waktu masih ngantor gak pernah deh se-emosi ini ke anak-anak...Ya memang karena gak tau kelakuan mereka. Tapi ya itu lah akhirnya menjadikan aku dan anak-anakku jadi dekat. Walopun udah sering dimarahin tetep aja mereka nempellll...ke mamanya, apa-apa “Maaaaaa....”, kenapa bukan...”Paaaaa....”, tetep aja kalo tidur maunya sama mamanya, herannn...padahal mamanya udah galak, tetep aja everything is mama...

Kadang terpikir, enaknya jadi ibu yang ngantor, bisa melarikan diri dari tanggung jawabnya untuk mengasuh anak-anak. Coba hitung, berapa jam kah ibu yang ngantor itu mengasuh anak-anaknya? Banyak yang bilang, bukan kuantitas tapi kualitas. Walahhhh...coba diasumsikan anak itu suatu bisnis, bandingkan bisnis yang dikerjakan secara full time, terjun langsung sendiri menangani bisnis itu dengan bisnis yang dikerjakan sambil lalu aja, ato part time. Manakah yang lebih berhasil? Yang part time juga banyak yang berhasil kok...some say, whatever, aku gak pernah survey...
Jadi bimbang sendiri, seperti seseorang sedang bertanya kemudian dijawab sendiri pertanyaan itu...
Masih belum berani untuk memutar haluan, mengubah pola hidup, memantapkan gengsi...masih takut akan ada penyesalan apabila keputusan drastis itu diambil...aku takutttt...
Kalo enaknya jadi ibu rt yang full time, enak aja menikmati waktu yang banyak, bisa leyeh-leyeh di rumah. Bebas, tidak ada memerintah untuk ngerjain ini itu...Mo kemana aja bisa...

Kalo pun akhirnya keputusan drastis itu yang harus aku tempuh, aku harus meminta suatu kegiatan penggantinya. Aku pengen aktifitas, aku gak suka bengong di rumah (sebetulnya enak sih jadi pemalas di rumah), harus ada gantinya...
Pengen berbisnis, tapi mental ku masih mental tahu ditambah tempe tambah sayur asem tambah sambel terasi...wowww...jadi enak nih...hihihi...

Masih gak tau tujuan hidupku, padahal aku udah tau betul bahwa jadi ibu yang kerja di rumah itu pahalanya lebih besar dan lebih mulia...
Selalu terbayang situasi 6 bulan ke depan, pisah dengan suami dan anak-anak aku tinggal di rumah bersama pembantu.
Ya Allah, tunjukan jalan...


Comments

Amy said…
Mbak Lia...
Saya paham suasana hati Mbak. Saya termasuk punya cita-cita jadi work at home mom tapi sampai kini belum kesampaian.
Mbak bisa baca postingan saya di sini http://akupastibisa.com/sharing-untuk-semua-ibu-indonesia
sharing dari teman juga, siapa tau bisa mencerahkan.
Keep semangat ya Mbak. Apapun yang Mbak pilih, pasti yang terbaik buat semua. Is' amazing to be a woman.....
Rosmalia said…
Amy, panggil aku lia aja ya...
Wahhh, aku udah baca tuh link mu...:)
Makasih banyak udah memberikan semangat...
Thanks my friend...:))
Anonymous said…
gak usah ragu...berenti aja, gak usah mikirin nanti gimana, bismillah..yg penting ikhlas dan tidak ada penyesalan, insya Allah everything will be ok, trust me (cake)
Rosmalia said…
Makasih yah...
Cake?

Popular Posts