TIRAMISU KUKUS ALA RIKA


Akhirnya, aku bikin cake juga selain brownies...tapi ini kue kukus...(sebetulnya pernah juga sih bikin lapis surabaya...jaman duluuuu...)
Emang sih ada niat buat bikin cheese cake kukus tapi masih nyari-nyari resep dan bahan (maklum dari pedalaman, gak ada yang namanya cream cheese dan krim kental de el el lah), nah, kebetulan hari ini di milis NCC lagi seru ngebahas Tiramisu Kukus ala Rika...ya udah aku contek aja dan langsung dipraktekan...(Mbak Rika, permisi yah dicontek...), tapi seperti biasa aku pake setengah resep aja.
Pengen nyoba yang lainnya tapi masih mikir...siapa yang mo ngabisin...aku dan suami gak suka cake, apalagi yang terlalu manis dan banyak telor...ihhhh...ngeriii...kebayang deh kolesterol, gula darah, dan kegemukan...penyakit-penyakit yang menakutkan...Makanya aku bikin selalu roti dan roti lagi, karena hemat telor dan gula (tapi gak cocok bagi penderita asam urat)
Kalo anak-anakku...hmmm...kalo yang gendut langsung nyobain kue ini, suka aja sih dia, tapi yang si kriting, biasa, gak demen karena belom terbiasa, dia demennya bikinnya doang dan brownies aja...:)
(Sumber dari  rika : lihat di sini )
Ini dia resepnya
TIRAMISU KUKUS

BAHAN
(Ini bahan Full version yah, maksudnya satu resep sementara aku pake setengah resep aja)

8 btr kuning telur
2 btr putih telur
1 sdt cake emulsier (aku pake TBM)
1/2 sdt garam
250 grm gula pasir
225 terigu protein sedang..
1/4 sdt baking powder..
125 ml minyak goreng (kemasan )
125 ml santan kara (aku pake susu cair UHT)
25 grm coklat bubuk
1 sdt pasta coklat.
1 bks nescafe instan sachet/god day moccacino../ kopi instan yg rasa mocca
1 sdt pasta mocca
coklat meises utk taburan (aku gak pake ini, karena pengen yang polos dan gak manis-manis)

CARA BUAT
  1.  Kocok kuning telur, putih telur dan cake emulsier dan garam ,gula pasir sampai kental (jambul petruk).
  2. Ayak terigu dan baking powder masukkan ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula.
  3. Masukkan santan instan (aku pake susu UHT)  dan minyak goreng.Aduk dengan spatula sampai rata benar.
  4. Panaskan kukusan hingga air mendidih jangan lupa tutup kukusan dibungkus rapat dengan kain.
  5. Poles loyang kue uk 18x18/20x20cm. Oles dengan margarin dan dilapis kertas. (Nah, di sini bedanya, aku pake loyang oval yang biasa untuk cheese cake karena muat dikukusan ku, maklum kukusannya kan model panci biasa yang kecil, maka dari itu aku pake setengah resep aja)
  6. Bagi adonan menjadi 3 bagian.
  7. Adonan pertama tambahkan coklat bubuk (diayak) ,pasta coklat. Masukkan ke dlm loyang .Kukus selama 10 menit.angkat.
  8. Taburi adonan coklat dengan meises coklat (bagian yang ini aku skip aja...no meisis), tuang adonan putih ke atas adonan coklat. Kukus lagi selama 10 menit.Angkat.
  9. Taburi lapisan putih dengan coklat meises.(bagian ini juga aku skip)
  10. Adonan Mocca . Tambahkan 1 bks nescafe instan kedalm adonan aduk rata.Tambahkan pasta mocca .Aduk rata.Tuang adonan mocca ini ke atas adonan putih . Kukus lagi sampai 20 menit.Angkat. Dinginkan.
Nah yang di resep aslinya, pake topping butter cream dan ditaburi meisis lagi...for me, no...just plain and look like original...this cake, in my opinion so sweet...I rather not too much sugar...

Comments

Popular Posts